PEMANFAATAN BERBAGAI SUMBER BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

 


Gambar 1.7 Pemanfaatan Berbagai Sumber Belajar dan Pembelajaran


Sumber: https://images.app.goo.gl/ck1r98pckgmNVtPR7


Assalamu'alaikum Wr. Wb. 🙏🏻


Hallooo everyone!!! 👋🏻👋🏻


Disini saya sedikit memberikan informasi terkait Pemanfaatan Berbagai Sumber Belajar dan Pembelajaran. Selamat membaca! 💖


A. PENGERTIAN PEMANFAATAN BERBAGAI SUMBER BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


Pemanfaataan sumber pembelajaran di Era digital saat ini sangat luas karena bermodelan internet kita sudah mencakup semuanya, bahkan lebih dital dan lebih mudah dijangkau sangat cocok untuk anak zaman sekarang yang kemauanya serba simple anti ribet sepertin google shcolar untuk menjangakujurnal, google books merupakan layanan internet menjakau buku lebih muda tanpa ribet dan media lunak internet.


B. JENIS-JENIS SUMBER BELAJAR


Penelitian dari jurnal saya baca bahwa penelitian langsung mengungkapkan bahwa buku teks masih menjadi sumber belajar dari kegiatan pembelajaran namun sumber digital seperti video pembelajaran dan aplikasi pendidikan sudah dilakukan dan akan tetapi Sumber belajar lainnya termasuk alat peraga, materi cetak, dan sumber belajar.


C. KENDALA DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR & PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR


a. Kendala dalam pemanfaatan sumber belajar


Dari beberapa kendala yang dihadapi untuk mencakup keterbatasan akses tekonologi, kurangnya pelatihan dalam penggunaan media digital, dan keterbatasan waktu untuk mempersiapan materi dari beberapa sumber dan siswa sering menyalahkan gunakan, seperti memain games saat pelajaran, membuka aplikasi yang tidak sesuai dengan pelajaran dan membuka lain selain pelajaran.


b. Pengaruh terhadap hasil belajar


Sudi menunjukkan bahwa sumber belajar di Era digital saat ini bervarisi bertujuan untuk dapat guru meningkatkan motivasi dan hasil siswa sendiri harus dijawabkan aktif dan ikut serta terlibat dalam proses beelajar aktif dan menarik dengan ada projek kita bisa menilai serapa jauh kemampuannya dikarenakan tidak semua mempunyai keahlian akdemik yang bagus, seperti non akdemik dengan mengasah bakat siswa.


Jadi, kesimpulannya adalah Pemanfaatan sumber belajar yang efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Penting bagi sekolah dan guru untuk terus meningkatkan kemampuan dalam mengintegrasikan berbagai sumber belajar, terutama yang berbasis teknologi, untuk memaksimalkan potensi pembelajaran siswa.


Itu saja dan terima kasih, semoga bermanfaat.


Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 🙏🏻

Komentar