Pentingnya Manfaat Blog dalam Dunia Pendidikan


Gambar 1.2 infokomputer.grid.id


Assalamu'alaikum Wr.Wb. 🙏🏻

Hallo Everyone! 👋🏻👋🏻👋🏻

Disini saya akan sedikit memberikan informasi dan catatan untuk kalian terkait Pentingnya Manfaat Blog dalam Dunia Pendidikan Saat Ini.

Kegunaan blog dalam dunia pendidikan merupakan sarana penyampaian informasi dari dosen ke mahasiswa/i atau dari guru ke peserta didik, karena blog bersifat online maka diasumsikan informasi tersampaikan dengan lancar. Dan peserta didik dapat menyerahkan tugas kepada guru kapan saja, di mana saja. Bahan ajar dapat diakses kapan saja dan berulang kali dari blog guru atau dosen. Selain itu, kita juga dapat berkomunikasi dengan guru atau dosen kapan saja, misalnya melalui chat dan email. Mengingat materi pembelajaran dikemas secara elektronik dan tersedia melalui Internet, kita dapat berinteraksi dengan perangkat pembelajaran tersebut kapan saja dan di mana saja, dan pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/ atau dosen setelah selesai.

Manfaat blog dalam dunia pendidikan, yaitu:

1. Blog sebagai Sumber Informasi

Dunia pendidikan memerlukan informasi yang sangat berbeda-beda. Oleh karena itu, guru dan peserta didik harus mempunyai buku yang berbeda untuk mengembangkan ilmunya. Nah, selain buku, ada satu tempat praktis yang bisa digunakan yaitu blog. Berbagai informasi bisa kita cari dari blog-blog di dunia maya. Tingkat keakuratannya sebenarnya tidak terlalu tinggi, namun sangat berguna untuk melengkapi informasi yang sudah ada. Karena seperti yang kita ketahui, internet merupakan jaringan yang sangat cepat sehingga informasi terkini juga lebih cepat tersedia. Hal ini tentunya membantu menambah sumber informasi dunia pendidikan baik bagi guru maupun peserta didik.

2. Blog sebagai Media Pembelajaran

Pernahkah kamu belajar online dengan guru di dunia maya? Ya, teknologi yang semakin cepat membuat segalanya menjadi mungkin. Kalian dapat belajar dari jarak jauh menggunakan blog. Biasanya guru memberikan materi di blognya, kemudian peserta didik harus membuka blog tersebut untuk mengikuti pembelajaran. Suatu tindakan yang bisa terjadi sekarang.

3. Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat

Fenomena yang terjadi saat ini adalah tidak semua pelajar menyukai blog. Beberapa peserta didik lebih memilih keterampilan nyata daripada dunia maya. Misalnya, seorang pelajar yang menyukai basket tidak menyukai blog. Blog biasanya menarik bagi pelajar yang hobinya meliputi fotografi, sastra, seni, atau lainnya. Dengan demikian, mahasiswa/i peminat fotografi dapat dengan mudah memamerkan karyanya di blognya. Peserta didik yang hobi sastra lebih senang menulis di blognya. Pelajar yang menyukai seni sering memposting pertunjukan teater di blognya. Blog otomatis sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan, salah satunya untuk menunjang bakat dan minat peserta didik.

Blog sangat diperlukan bagi seorang guru, karena blog merupakan sarana yang sangat berguna tidak hanya untuk meningkatkan pemahaman, tetapi juga untuk eksistensi diri.

Selain itu, berikut beberapa perlunya bagi seorang guru atau pendidik memiliki blog, yaitu:

1. Menuliskan apapun tentang kegiatan di sekolah

Bercerita tentang kegiatan belajar yang menyenangkan bersama peserta didik, bercerita tentang inovasi metode pengajaran yang benar-benar menggugah minat dan dapat menjadi teladan bagi guru lain untuk berlatih di kelasnya, menyampaikan keluhan protes terhadap kebijakan sekolah, selain menjadi sumber stres, juga dapat digunakan untuk meredakan ketegangan sebagai titik awal pertengkaran dengan kepala sekolah.

2. Bisa menjadi cermin evaluasi diri

karena dengan tulisan kita juga dikomentari oleh berbagai orang dari berbagai sudut pandang, sehingga kita pun belajar memahami berbagai karakter dan sudut pandang seseorang dalam menghadapi permasalahan.

3. Menguji kualitas tulisan-tulisan

Kirimkan artikel ke blog. Jika banyak orang menyukainya, kalian sukses menjadi penulis berbakat. Jika ada yang tidak menyukainya, maka kalian perlu belajar lebih banyak lagi untuk menghasilkan tulisan yang menarik. Pada dasarnya, blog bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menilai kualitas dan bakat.

Dalam menggunakan blog apapun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru jika ingin menggunakan blog dalam dunia pendidikan, yaitu:

1. Fresh Artikel

Guru harus rajin mempublikasikan artikel di blognya sendiri. Hal ini dilakukan agar peserta didik mengunjungi blog tersebut berulang kali untuk menemukan artikel baru yang tentunya akan membantu mereka memahami topik dengan lebih baik dari sebelumnya.

2. Pemaksaan

Pemaksaan disini maksudnya peserta didik harus mengunjungi blog yang dikelola guru untuk mencari artikel yang berhubungan dengan tugas yang diberikan guru. Maka guru memberikan tugas yang jawabannya ada di blog bagian komentar yang disimpannya. Pemaksaan tersebut tidak lain hanyalah kebiasaan peserta didik yang rajin membuat blog guru.

3. Komunikasi Dua Arah (Pendidik-Peserta Didik)

Seorang guru hendaknya pandai-pandai memanfaatkan blog untuk mengumpulkan feedback atau masukan dari peserta didik guna untuk meningkatkan proses dan mutu pembelajaran yang berlangsung. Terkadang seorang peserta didik merasa malu dan tidak mau mengkomunikasikan kesulitan atau kritiknya secara langsung kepada gurunya saat belajar di kelas, meskipun gurunya langsung bertanya.

Mintalah peserta didik untuk memberikan tanggapan dan pendapat melalui blog guru, dengan berkomentar di kolom komentar, atau dengan mengikuti survei yang dilakukan guru mengenai topik tertentu. Dengan demikian, peserta didik merasa aman dan nyaman untuk berkontribusi dalam peningkatan dan mutu pembelajaran. Guru juga harus menerima masukan dari peserta didik dengan bijak dan melakukan koreksi berdasarkan masukan yang diterima.

Terakhir, blog hendaknya dimanfaatkan secara bijak dan sungguh-sungguh dalam dunia pendidikan untuk mencapai pendidikan yang berkualitas dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan secara tidak langsung meningkatkan kualitas guru itu sendiri dengan rajin mencari sumber. sebagai bahan pendukung penulisan artikel blog baru.

Blog juga memfasilitasi komunikasi antara peserta didik dan materi pembelajaran. Juga komunikasi antara mahasiswa/i atau peserta didik dengan dosen atau guru. Peserta didik dapat saling bertukar informasi atau pendapat mengenai berbagai permasalahan yang berhubungan dengan pelajaran atau kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Guru atau dosen dapat menempatkan materi pembelajaran dan tugas yang harus diselesaikan peserta didik di tempat tertentu secara online agar dapat diakses oleh peserta didik. Apabila diperlukan, guru atau dosen juga dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik atau mahasiswa/i untuk mengenal materi pelajaran dan soal-soal ujian tertentu yang hanya dapat diakses peserta didik satu kali dan dalam jangka waktu tertentu.

Jadi, pergunakanlah blog ini dengan baik. Orang terpelajar pasti paham mana yang boleh ngeblog dan mana yang tidak. Itu saja dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 🙏🏻

Komentar