Gempa Menghantam Turki


Gambar 1.1 Gempa bumi di Turki (Foto: via REUTERS/IHLAS NEWS AGENCY (IHA))


Assalamu'alaikum Wr. Wb. 🙏🏻

Hallo Everyone! 👋🏻👋🏻👋🏻

Disini saya akan memberikan sedikit informasi terkait adanya Gempa yang Menghantam di Negara Turki.


Dunia kembali dihebohkan dengan munculnya berita bahwa gempa kembali terjadi di kota Jandaris, di pedesaan kota Afrin di barat laut Suriah dan di bagian provinsi Aleppo di negara Turki. Gempa terjadi pada hari Senin, 06 Febuari 2023 pukul 04:17 pagi waktu setempat. Dalam kejadian tersebut memakan banyak korban mulai dari anak kecil hingga dewasa. Gempa yang terjadi di negara Turki tersebut guncangannya sampai ke negara Mesir. Bahkan, Italia pun sempat menyalakan tanda peringatan tsunami di sekitar wilayah bibir pantai Laut Tengah.


Dari dampak kejadian tersebut, terdapat 5.606 bangunan yang runtuh. Menurut, Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD) ada total 19.574 personel penyelamat yang pergi ke wilayah gempa untuk upaya pemulihan. Tidak hanya bangunan, gempa juga memakan banyak korban. Gempa Turki dengan magnitudo 7,8 itu masih akan terus bertambah. Korban jiwa gempa Turki dan Suriah telah menembus 3.800 orang. Dilansir AFP, setidaknya 1.444 orang tewas di seluruh Suriah, kata pemerintah dan penyelamat.


Jumlah korban baru membuat total kematian di kedua negara menjadi setidaknya 3.823 setelah Turki merevisi jumlah korban sebelumnya menjadi 2.379. Turki mengumumkan tujuh hari berkabung bagi yang meninggal. Para relawan berdatangan untuk memberi bantuan kepada korban bencana. Bantuan yang diterima mulai dari obat-obatan, pakaian, bahan pangan, dll.


Oleh karena itu, kami turut berduka atas musibah gempa yang melanda Turki, semoga kerusakan dan dampak gempa lainnya bisa segera tertangani.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 🙏🏻

Komentar