Diary Baitul Arqam Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka 2023/2024 Gelombang 9 Kelompok 8

Nama : Istiana Khoirunnisa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Gelombang 9, Kelompok 8

Instruktur : Kak Ara Karina



Diary Baitul Arqam Mahasiswa Baru


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Halo Hamka Muda, izinkan saya memperkenalkan diri nama saya Istiana Khoirunnisa dan teman saya biasa memanggil saya dengan banyak sebutan nama, mungkin nama saya terlalu pasaran kali yaa hehehe, oke kesimpulannya panggil saja nama saya Isti. Saya mengikuti Kegiatan Baitul Arqam pada Gelombang 9. Baitul Arqam merupakan kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu para Mahasiswa Baru terutama saya sendiri. Dan akhirnya tepat pada tanggal 21-22 Oktober 2023, saya mendapat giliran BAM (Baitul Arqam Mahasiswa) di Kelompok 8 yang berjumlah 29 Anggota. Banyak persiapan yang perlu disiapkan sebelum kegiatan BAM berlangsung mulai dari beberapa tugas yang diberikan Kakak Instruktur, hingga persiapan untuk acara pentas seni, dan perlengkapan yang akan dibawa saat BAM. Karena acara akan dilaksanakan selama 2 hari 1 malam alias kami menginap di Kampus, tentunya ada tempat yang telah disediakan bagi para Maba untuk istirahat.


Saya akan menjelaskan kegiatan saya mulai dari Hari pertama saat acara BAM berlangsung hingga hari terakhir. Dan apa saja yang saya dapat selama kegiatan ini berlangsung. Pada hari pertama Dresscode untuk BAM bagi perempuan adalah memakai Pakaian Putih muslim, Kerudung Hitam, dan Rok hitam. Lalu, untuk drescode laki-laki adalah kemeja putih, celana hitam, serta peci. Jujur pada saat itu saya sangat merasa antusias serta rasa penasaran yang sangat tinggi, bahwa apa saja kegiatan yang akan saya lakukan selama acara ini berlangsung.


Pada saat telah sampai di lapangan miring yang ada di FKIP Uhamka, kami semua dikumpulkan dengan setiap kelompok nya. Kami diarahkan oleh kaka instruktur untuk ke lantai 6 dengan menaiki tangga. Setelah sampai di lantai 6 kami diarahkan ke suatu ruangan Aula bernama Aula Ahmad Dahlan. Setiap maba duduk dengan kelompok nya masing-masing, di aula diadakan pembukaan acara Baitul Arqam dengan beberapa sambutan oleh para petinggi kampus. Kemudian, kami diarahkan untuk mengerjakan pretest selama 15 menit dan setelah mengerjakan pretest tersebut hp kami disimpan oleh kakak instrukturnya masing-masing. Lalu ada materi yang akan disampaikan oleh Dosen, yaitu pada Materi Pertama adalah "ADAB MAHASISWA UHAMKA SEBAGAI PILAR PROPHETIC UNIVERSITY". Saat berada di dalam diskusi setiap maba diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat serta mengajukan pertanyaan kepada dosen yang bertujuan untuk mengasah pemahaman lebih dalam tentang materi ini. Setelah acara sambutan dan Materi pertama selesai kami diarahkan kaka instruktur untuk ke kelas masing-masing Kelas berada di Lantai 3 di Masjid Darul Ulum. Di dalam kelas kami diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri, serta saling mengenal satu sama lain dengan sesama anggota kelas. Setelah itu dilakukan diskusi untuk menentukan ketua kelompok.


Ketika Dzuhur telah tiba, para maba dipersilahkan untuk Ishoma terlebih dahulu. Setelah Ishoma selesai, kami melanjutkan kegiatan diskusi yang diadakan diruang kelas.


Ada materi yang akan disampaikan oleh Dosen, yaitu pada Materi Kedua adalah "ISLAM BERKEMAJUAN". Saat berada di dalam diskusi setiap maba diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat serta mengajukan pertanyaan kepada dosen yang bertujuan untuk mengasah pemahaman lebih dalam tentang materi ini. Banyak kesempatan yang saya manfaat selama materi diskusi ini berlangsung, saya turut aktif dalam mengikuti memberikan pertanyaan. Lalu ada kegiatan materi diskusi yang disampaikan oleh seorang Dosen pada Materi Ketiga yaitu "ILMU AMALIAH DAN AMAL ILMIAH" jujur pada saat ini saya sudah merasa sangat mengantuk sekali. Namun instruktur saya membuat kami bersemangat kembali. Tentu saja disini saya harus kembali aktif dengan sering memberikan pendapat serta memberikan pertanyaan.


Ketika Ashar telah tiba, para maba dipersilahkan untuk Ishoma terlebih dahulu. Setelah Ishoma selesai, Kami diberikan waktu untuk mempersiapkan acara pentas seni serta Penilaian Praktek Shalat, Tayamum, praktik membaca Al-Qur'an, dan praktik wudhu oleh instruktur kami. Yang disiapkan kelompok kami untuk acara pentas seni adalah seperti Yel yel serta Jargon yang dimiliki setiap Kelompok, lalu kelompok saya mendapatkan bagian untuk mempersiapkan Pentas berbalas pantun yang akan ditampilkan oleh teman-teman kelompok saya dan kami juga mempersiapkan untuk Lomba Mars Muhammadiyah yang dibawakan oleh 5-6 peserta.


Ketika Maghrib telah tiba, para maba dipersilahkan untuk Ishoma terlebih dahulu. Setelah Ishoma selesai, kami melanjutkan kegiatan diskusi yang diadakan diruang kelas.


Ada materi yang akan disampaikan oleh Dosen, yaitu pada Materi Keempat adalah "PROFIL PERJUANGAN TOKOH INSPIRASI: KH. AHMAD DAHLAN DAN BUYA HAMKA". Saat berada di dalam diskusi setiap maba diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat serta mengajukan pertanyaan kepada dosen yang bertujuan untuk mengasah pemahaman lebih dalam tentang materi ini. Banyak kesempatan yang saya manfaat selama materi diskusi ini berlangsung, saya turut aktif dalam mengikuti memberikan pertanyaan.


Ketika Isya telah tiba, para maba dipersilahkan untuk Ishoma terlebih dahulu. Setelah Ishoma selesai, kami melanjutkan kegiatan diskusi yang diadakan diruang kelas.


Setelah Ishoma selesai, Kami kembali diberikan waktu untuk mempersiapkan acara pentas seni serta melanjutkan Penilaian Praktek Shalat, Tayamum, praktik membaca Al-Qur'an, dan praktik wudhu oleh instruktur kami. Yang disiapkan kelompok kami untuk acara pentas seni adalah seperti Yel yel serta Jargon yang dimiliki setiap Kelompok, lalu kelompok saya mendapatkan bagian untuk mempersiapkan Pentas berbalas pantun yang akan ditampilkan oleh teman-teman kelompok saya dan kami juga mempersiapkan untuk Lomba Mars Muhammadiyah yang dibawakan oleh 5-6 peserta. Kegiatan berlangsung hingga pukul 21:00 WIB. Pada pukul 22:00 WIB para maba dipersilahkan untuk menuju ke Rusunawa ( asrama ) dimana itu merupakan tempat yang diarahkan kaka instruktur kami untuk istirahat. Setiap kamar terdapat 2 kelompok didalamnya, saya mendapat kamar nomor 107 di lantai 1. Para maba dipersilahkan untuk istirahat segera karena kegiatan di hari kedua akan dimulai pukul 02.00 WIB.


Hari kedua, saya bangun pada pukul 01:30, saya membangunkan teman kamar saya, agar saat ingin ke kamar mandi tidak perlu mengantri terlebih dahulu. Ada kaka instruktur yang menuju kamar setiap para maba untuk membangunkan kami. Lalu kegiatan pertama diadakan di Masjid Darul Ulum, yaitu Shalat Tahajud, Sholat Subuh, serta ada materi yang akan disampaikan oleh Dosen, yaitu pada Materi Kelima adalah "IBADAH SESUAI TUNTUNAN RASULULLAH". Saat berada di dalam diskusi setiap maba diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat serta mengajukan pertanyaan kepada dosen yang bertujuan untuk mengasah pemahaman lebih dalam tentang materi ini. Banyak kesempatan yang saya manfaat selama materi diskusi ini berlangsung, saya turut aktif dalam mengikuti memberikan pertanyaan. Lalu Dresscode kedua adalah Olahraga karena setelah kegiatan di masjid kami diarahkan untuk ke Lapangan miring melakukan kegiatan senam bersama. Kegiatan senam diakhiri dengan makan bersama-sama.


Setelah makan bersama berakhir kami diarahkan untuk kembali ke asrama mengganti dresscode hari kedua Yaitu mengenakan pakaian batik, kerudung kuning, dan rok hitam.


Setelah selesai kami diarahkan oleh kaka instruktur untuk ke lantai 6 dengan menaiki tangga. Setelah sampai di lantai 6 kami diarahkan ke suatu ruangan Aula bernama Aula Ahmad Dahlan. Setiap maba duduk dengan kelompok nya masing-masing, di aula diadakan Pertunjukkan Pentas Seni, Sidang Pleno, dan penutupan acara Baitul Arqam dengan beberapa para petinggi kampus.


Sebelum acara pentas kami diarahkan untuk mengambil hp kami masing-masing untuk mengerjakan postest serta evaluasi selama 15 menit. Setelah selesai mengerjakan postest dan evaluasi tersebut hp kami disimpan kembali oleh kakak instrukturnya masing-masing. Kemudian, kami diberikan arahan untuk membuat mand mapping dimana pada dasarnya kita dituntut untuk berkreasi dan mengolah pemikiran kita untuk lebih aktif serta bekerja sama. Disini saya banyak menilai teman saya, bahwa setiap pemikiran seseorang yang berbeda memberikan celah kesepakatan bersama yang perlu dipertimbangkan. Namun saya merasa terkesan akan semangat dan antusias teman saya dalam menyampaikan pendapat nya serta kemampuan public speaking mereka yang perlu diacungkan jempol. Dari sini saya merasa sangat bersemangat dan juga semakin antusias untuk aktif setiap diskusi yang diadakan. Lalu, Acara Pentas seni berlangsung, Banyak penampilan-penampilan yang mengagumkan dari beberapa perwakilan setiap kelompok yang penuh antusias serta semangat ketika menampilkan pentasnya.


Setelah acara pentas seni selesai, kami menyaksikan acara penutupan Baitul Arqam Mahasiswa Baru 2022/2023 yang dibarengi dengan beberapa penyampaian sambutan oleh para petinggi kampus dan penghargaan kepada para peserta dan kelompok terbaik. Tidak lupa pula pada saat itu, kami kelompok 8 bersama-sama mengadakan sesi Foto bersama. Acara selesai kami dipersilahkan untuk pulang kerumah. Sekian diary yang saya catat pada laman ini selama kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa Baru 2023.


KESAN DAN PESAN


Kesan yang saya rasakan selama kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa Baru 2023 adalah bahwa Jujur meskipun kami baru bersama-sama hanya 2 hari 1 malam. Namun rasanya banyak pengalaman dan kenangan mendalam bagi kami tersendiri. Rasanya ingin menangis ketika ingin berpisah dengan mereka, banyak teman yang saya kenal dari berbagai fakultas bahkan ada teman yang benar-benar sangat saya rindukan hingga saat ini.


Acara pentas seni berakhir dengan kesan sangat mendalam untuk teman-teman saya serta instruktur saya yang sangat baik. Oh iya Halooo Kak Ara Karina, sehat selalu Kak Ara terimakasih karena telah membimbing dan memberi arahan kepada kami dengan penuh kesabaran. Terimakasih kak karena selalu menjadi seseorang yang ceria dan penuh semangat. Terima kasih kepada semua teman-teman Kelompok 8 yang telah sama-sama berjuang bersama, bekerja sama, serta belajar bersama selama 2 hari 1 malam ini. Banyak kesan yang menarik bagi saya. Saya sangat bersyukur mendapat teman yang sangat hangat serta selalu bersama-sama dan saling mendukung bersama. Terimakasih semuaaanyaaa, Lov uu guysss!!


PESAN


Semoga acara BAM ini dapat berjalan dengan lebih baik lagi kedepannya, dan tentunya semoga acara ini memiliki manfaat serta memberikan kesan dalam yang sangat menyenangkan bagi setiap MABA. Dan teruntuk panitia acara semoga tetap bersabar dan selalu bisa membimbing para MABA dengan baik tanpa perlu berbicara kasar atau membuat trauma MABA. Dan teruntuk kaka Dokumentasi, tolong jangan pilih kasih kepada para kelompok yang lain. Kami semua juga ingin, namun apabila kaka selalu begitu bukan kah itu tidak adil dan mengundang presepsi pemikiran yang kurang bagi kami terutama untuk kalian para Fhotograpers. Dan teruntuk susunan acara mungkin karena terlalu padat kami memahami itu.


Sekian cerita pengalaman yang saya rasakan selama kegiatan BAM ini berlangsung, semoga dapat memberikan gambaran terbaik bagi para MABA lainnya. Dan yang belum melaksakan BAM semoga dapat berjalan dengan baik, dan jangan terlalu tegang ataupun takut, karena pasti kalian akan tetap merindukan kegiatan ini suatu hari nanti.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar